Membuat Toko Online dengan CMS Prestashop

Bisnis online pada era sekarang ini merupakan salah satu jalur bisnis yang berkembang sangat cepat untuk memperoleh pendapatan bagi seseorang.Banyak orang berlomba – lomba menawarkan berbagai kebutuhan yang dijual secara online dan kebanyakan mereka menyerahkan pada jasa web atau pada web penjual seperti tokobagus , berniaga , dll.Sebagai para pemula terutama bagi pelajar ada keinginan untuk medesain toko online sendiri dengan cara yang simple terutama bagi para pelajar IT .Karena hal itulah adanya e-commerce sangat mendukung hal ini . Salah satunya adalah Prestashop merupakan salah satu model CMS yang dapat digunakan untuk e-commerce yang cocok untuk para pemula.CMS model prestashop ini dapat didapat di internet dengan cara mendownload secara gratis karena merupakan Open Software License.Selain itu dapat di hosting baik secara gratis maupun prabayar agar dapat dilihat oleh public sebagai langkah awal dalam memulai bisnis online.

Dalam membuat CMS e-commerce sangat berkaitan erat dengan sebuah database sehingga dalam mengawali pembuatan CMS ini diperlukan adanya software database didalamnya seperti Appserv,XAMP,WAMP,dll yang didalamnya terdapat mySQL dan phpmyadmin yang nantinya akan digunakan sebagai penyimpanan data.Dalam penginstallan ini yang digunakan adalah AppServer sebagai databasenya.Setelah sudah dipastikan adanya database selanjutnya dapat dimulai penginstallan Prestashop , adapun langkah-langkah dalam menginstallnya sebagai berikut :

  1. Temukan .rar yang didalamnya terdapat install dan data prestashop , kemudian ekstrak .rar tersebut kedalam sebuah folder dengan nama prestashop kemudian copy folder prestashop tersebut ke dalam direktori C:appserv (pengcopyan file ini disesuaikan dengan penyimpanan program files database yang digunakan berada di dalam direktori apa)
  2. Seperti yang dijelaskan pada penjelasan diatas dimana dibutuhkannya database maka sebelum mengotak atik prestashop terlebih dahulu database dengan cara membuka browser (Internet Explorer,Google Chrome,Mozilla,dll) dan pada address ketikkan url nya yaitu localhost/phpmyadmin yang akan terbuka kotak dialog phpmyadmin kemudian buat database baru bernama prestashop ( create new database > create )
  3. Setelah database dibuat selanjutnya instalasi Prestashop , dalam melakukan install prestashop tidak perlu memalui tahap yang sulit karena penginstallannya sudah berada pada packet data yang sudah di copy ke app server kemudian buka browser dan ketikkan url www.localhost/prestashop ( disesuaikan dengan nama folder yang telah dibuat ) , maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini ( Licensce : agree )
  4. Setelah menyetujui persyaratan apa saja yang harus dipenuhi hal yang dilakukan selanjutnya adalah penginstallan database pada prestashop dimana keduanya sudah saling terkoneksi . Kemudian isikan data berikut :

– Database server name : localhost

– Database name : prestashop ( sesuai nama yang ditulis)

– Username : root ( default)

– Jika dalam koneksi phpmyadmin sebelumnya disetting password maka password dalam settingan ini juga harus diisi jika tidak dapat dikosongkan saja

– Installation type : full mode

– Alamat email : ( isikan sesuai alamat email pengguna)

  1. Akan ada tampilan default toko online yang kemudian disesuaikan dengan toko online yang akan kita buat dimana diisi informasinya , password , dll
  2. Setelah itu kita harus melakukan perubahan sedikit pada instalasi prestashop dimana kita harus menghapus file install pada prestashop yaitu pada C:appserverkemudian appserv/htdocs/prestashop kemudian delete.
  3. Untuk mengkonfigurasikan toko online yang akan kita buat kita harus masuk ke admin terlebih dahulu dimana untuk masuk ke admin kita membuka browser kemudian ketikkan

www.localhost/prestashop/admin karena tampilannya sedikit berbeda sebenarnya disini kita membuat admin dengan nama kita sendiri misalnya presta jadi ketika membuka loginnya adalah www.localhost/prestashop/presta

  1. Setelah keluar kotak dialog admin maka kia sudah berhasil membuat toko online milik kita yang kemudian dapat diatur sesuai yang kita inginkan melalui modul.
  2. Setelah selesai berarti proses installasi selesai dan perlu adanya update untuk melengkapi took online.Fitur-fitur baru di prestashop 1.4, diantaranya:
      1. Katalog
      Membandingkan Produk
      Memungkinkan pelanggan dengan mudah untuk membandingkan fitur-fitur dari beberapa produk secara bersamaan.
      2. Pelanggan
      Layanan antarmuka pelanggan yang terintegrasi langsung ke back office (BO)
      3. Pesanan / Order
      One page checkout [ini yang sering dicari para prestashop lover= thanks to tim prsetashop developers for this feature]
      4.Guest checkout
      Kalau dulu calon pelanggan jika ingin membeli harus membaut akun pelanggan dulu dan kadang si calon pelanggan sebahagian ini dianggap ribet dan berbelit-belit, nah dengan fitur ini si calon pelanggan sekarang tidak perlu lagi harus register dan mempunya akun dulu.[we sat thanks again

;)           5.Pembayaran

      Otorisasi AIM
      Sistem pembayaran standar yang paling populer di Amerika Serikat sekarang tersedia di PrestaShop.
      6. Keamanan PrestaShop
      Buat membantu dari penipuan
      7.Pengiriman
      diantarnya UPS, USPS, FedEx
      8.Back-Office
      Kemampuan untuk mengedit tema Anda secara langsung (LiveEdit)
      Kemampuan untuk memindahkan modul anda dengan “seret langsung” melalui Front Office.
      9. Impor / Ekspor
      10.Impor dari software osCommerce
      Kemampuan untuk mengimpor seluruh dari software osCommerce seperti: katalog, klien, perintah, kategori jika kita dulu sudah terlanjur mneggunakan e-commerce seperti osCommerce
      10.CORE
        Untuk memperbaharui dengan lebih mudah !

Step by Step PrestaShop v1.5 Theme Installation Tutorial

Tutorial Prestashop

Prestashop Indonesia ( Prestanesia )

Prestashop Internasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s